Cari Blog Ini

Senin, 12 Desember 2011

Teori organisasi manajemen

 Teori 
  Beberapa arti yang berkaitan dengan kata teori atau persamaannya :
1. Pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan.
2. Penyelidikan eksperimental yang mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi, dan argumentasi.
3. Azas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan.
4. Pendapat, cara, dan aturan untuk melakukan sesuatu.
     Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, defenisi, dan dalil yang saling berubungan yang menghadirkan sebuah pandangan systematis mengenai fenomena alamiah.

Elemen Teori
1. Konsep, ide-ide yang dapat di ekspresikan melalui simbol-simbol,dll
2. Scope, yang merupakan konsep abstrak dan konkrit
3. Relationship, simbol atau konsep yang saling berinteraksi dan menjadi sebuah teori

Organisasi
     Secara sederhana organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama agar dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan bersama.

Ciri-ciri Organisasi:
1. Terdiri dari 2 orang atau lebih
2. Ada kerjasama
3. Ada komunikasi antara 1 anggota dengan yang lain
4. Ada tujuan yang ingin dicapai.

Organisasi dapat diartikan menjadi 2 macam:
1. Dalam arti statis
     Organisasi sebagai wadah atau tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan
2. Dalam arti dinamis
     Organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama baik formal maupun informal.

Suatu organisasi harus memiliki 4 unsur, yaitu :
1. Berorientasi tujuan
2. Sistem hubungan sosial
3. Struktur kegiatan
4. Sistem teknologi

Pengertian Manajemen
     Istilah manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yang diadopsi dari bahasa Inggris yaitu management yang artinya seni mengendalikan atau mengatur.
* Mary Parker Follet
Mendefenisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melaui orang lain.
* Ricky W.Griffin
Mendefenisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
     Istilah manajemen mengandung 3 pengertian (secara literatur):
1. Manajemen sebagai suatu proses
2. Manajemen sebagai kolektifitas orang-orang yang melakukan aktifitas manajemen
3. Manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (sains).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar